Wisata Air Terjun Dlundung Trawas Menjadi Primadona Wisata Baru

Air Terjun Dlundung terletak di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Obyek utamanya berupa air terjun dilereng Gunung Welirang. Kawasan air terjun Dlundung dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Nuansa alam pegunungan nan sejuk dan berpanorama indah merupakan daya tarik tersendiri. Oleh-oleh khas wiasata pegunungan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan segar bisa didapat tidak jauh dari lokasi. Puluhan hotel dan villa tersebar di lokasi dengan harga yang terjangkau. Puncak kunjungan terjadi biasanya terjadi pada saat libur Idul Fitri, tahun baru dan libur sekolah. 

Rute Menuju Air Terjun Dlundung Trawas

Lokasi Air Terjun Dlundung berada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, sekitar 40 km arah selatan dari kota Mojoketo. Rute mudahnya jika dari surabaya mengikuti arah jalur jalan raya ke Malang, di perempatan Pandaan dekat Masjid Mohammad Chengho belok kanan ke arah Trawas/Pacet dan ikuti petunjuk yang ada. Dari Pandaan sekitar 15 km lagi ke lokasi Air Terjun Dlundung.

Jalan Menuju air terjun Dlundung sudah bagus, hanya di beberapa tempat melewati jalan berkelok dan menanjak. Sedangkan sekitar 2 km menjelang lokasi jalannya lumayan sempit, jadi cukup sulit saat berpapasan sesama mobil, mesti pelan dan sedikit minggir. Sampai dilokasi kawasan air terjun, kendaraan bisa diparkir tidak jauh dari air terjun, kira-kira 100 meter saja. Jadi tidak perlu capek berjalan untuk mencapainya.
jalan ke air terjun dlundung trawas
Jalan Menuju Air Terjun Dlundung antara Trawas - Mojosari
jalan menuju dlundung

harga karcis masuk air terjun dlundung
Loket Pintu Masuk Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung terletak di kawasan hutan lindung milik Perhutani, dengan luas kawasan air terjun sekitar 4,5 ha. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 55 meter, dengan debit air yang tidak begitu besar. Sumber airnya berasal dari mata air lereng pegunungan Welirang. Sehingga air yang jatuh dari ketinggian itu sangat jernih dan segar.
pemandangan air terjun dlundung
Pelangi di Air Terjun Dlundung
Nah jika ingin mendapatkan panorama air terjun yang eksotik datanglah sekitar pukul 9-10 pagi, karena akan terlihat pelangi hasil dari pembiasan cahaya matahari dan percikan air terjun.
lokasi air terjun dlundung

panorama dlundung
Air Terjun Dlundung Trawas Mojokerto
Air terjun Dlundung sendiri menawarkan wisata dengan konsep wanawisata, dimana tidak hanya air terjun  saja yang bisa dinikmati pengunjung. Di kawasan wisata ini juga disediakan bumi perkemahan atau camping ground. Camping ground dibagi dalam beberapa petak dengan fasilitas pendukung seperti WC dan kamar mandi.  Disediakan juga fasilitas outbond dan flying fox.
lokasi camping air terjun dlundung mojokerto
Camping Ground Air Terjun Dlundung
Disekitar area camping ground banyak terdapat warung-warung makan siap melayani pengunjung yang tidak membawa bekal. Harga perporsinya juga murah antara 8.000,- hingga 15.000,- tergantung variasi menu yang dipilih.
Harga tiket masuk ke air terjun Dlundung Rp. 10.200,- sudah termasuk asuransi, sedangkan yang berkemah harus menambah biaya camping sebesar Rp. 3.500,- per malam per orang. Masih cukup terjangkau dan sebanding dengan fasilitas yang disediakan pengelola.

0 Response to "Wisata Air Terjun Dlundung Trawas Menjadi Primadona Wisata Baru"

Posting Komentar