Tanaman Obat Tumbuh Subur di Trawas , sudah sadarkah kamu ?

TRAWAS LAGI - Karena seringnya saya mencabut rumput liar yang tumbuh subur di halaman rumah saya ini tepatnya Bawah sekitar kurang lebih 10 KM dari Gunung Welirang di desa Ketapanrame Kec. Trawas  Akhirnya saya putuskan untuk mencari informasi tentang tumbuhan ini di google, saya penasaran , karena tumbuhan ini sepertinya tumbuhan yang memiliki khasiat, setelah saya serch sana - sini akhirnya saya temukan ternyata namanya adalah Kaki kuda Memiliki nama ilmiah Centella Asiatica


dikenal dengan sebutan Pegagan: Tumbuhan ini di Indonesia mempunyai bermacam macam nama sesuai dengan daerah daerah. Di Jawa dikenal dengan calingan rambat, di Sunda : antanan rambat, di Makasar : pegaga, dan di Tapanuli : ampapaga.

Daun kaki kuda ini mengandung zat glikosida, triterpenoida, alkaloid hidrokotilin, steroid, tanin, minyak atsiri, dan garam garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Daun kaki kuda ini juga dapat digunakan untuk mengobati bermacam macam penyakit, seperti penyakit kulit, sakit perut, radang usus, batuk, asma, bronkitis, peluruh air seni, obat kumur untuk sariawan, obat borok perut, luka luka kulit dan penyakit lepra. Hal ini diperkuat oleh Polonsky dan kawan kawannya dalam penelitian mereka. Mereka menemukan zat zat di dalam daun kaki kuda tersebut dapat menyembuhkan : Lepra, Anemia, Peradangan, Campak dan Asma. Ditemukan juga bahwa daun kaki kuda ini tergolong sedative (pereda, penenang) dan cardiotonic (penguat jantung) yang dapat juga memperbaiki daya ingat dan penenang orang yang kurang waras.

Daun kaki kuda ini dapat dilalap untuk penyakit, dapat direbus untuk sayuran dan dapat di ambil sarinya untuk terapi.

Ternyata tumbuhan ini memiliki khasiat untuk kesehatan sehingga dapat memperkaya tanaman obat Anda yang bisa ditanam di sekitar rumah selain dapat digunakan sebagai sayuran lalap. Tanaman ini berguna untuk menyembuhkan penyakit: typus, busung, sakit kepala, influenza, keracunan jengkol, dan ayan.

Cara pemakaian tumbuhan Kaki Kuda untuk dijadikan ramuan herbal seperti berikut ini:
  1. Ayan - Siapkan beberapa daun Kaki Kuda yang sudah kering dan gula aren secukupnya. Tumbuk halus daun Kaki Kuda kemudian seduh dengan air panas di dalam gelas lalu masukan gula aren secukupnya. Saring dan minum, lakukan berulang-ulang secara teratur.
  2. Busung - Siapkan akar, batang, dan daun Kaki Kuda, 3 batang alang-alang, dan 1 potong kulit kamboja. Semua bahan tadi direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1/2 gelas. Minum air rebusannya 3 kali sehari.
  3. Influenza - Tumbuk halus 1 genggam daun Kaki Kuda kemudian peras untuk mendapatkan airnya lalu tambahkan sedikit garam dan diminum.
  4. Keracunan Jengkol - Ambil 10 - 15 daun Kaki Kuda dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 setengah gelas lalu saring dan airnya diminum.
  5. Sakit Kepala - Rebus 1 genggam daun Kaki Kuda dan tambahkan jinten dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1/2 gelas lalu saring dan tambahkan madu kemudian diminum.
  6. Typus - Kukus 1 genggam daun Kaki Kuda, 1/2 genggam daun jinten dan 5 batang tapak liman untuk diambil airnya. Tambahkan madu llu diminum.
  7.  Darah tinggi
    Baik orangnya tua atau muda, gemuk atau kurus, cobalah sediakan 20 lembar daun kaki kuda. Lalu rebus dengan air 3 gelas baru didihkan sampafairnya tinggal ¾ nya. Supaya rasanya lebih sip, tambahkan gula enau secukupnya. Sesudah disaring dimlnum sekaligus sekali sehari. Dengan meminumnya rutin selama seminggu, biasanya darah tinggi sudah mereda.
    8. Asma
    Silahkan ambil satu genggam daun kaki kuda. Lalu tumbuklah dalam keadaan masih segar sampai lumat, baru tambahkan segelas air baru peras dan saring dengan kain. Minumlah ramuan tadi sekaligus pagi hari sebelum makan apapun dan lakukanlah berulang-ulang sampai asma terberantas tuntas. Selamat mencoba.
    9. Bronkhitis

    Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronki, yaitu saluran udara yang mengangkut oksigen ke paru-paru. Akibat peradangan ini, bronki mengeluarkan lendir. Timbulnya lendir memicu tubuh memberikan respon, yaitu batuk-batuk, yang merupakan mekanisme untuk membersihkan kelebihan lendir. Bronkhitis ditandai dengan batuk yang terus-menerus disertai dahak dan bercak darah.Pengobatan:• 30 gram daun pegagan/antanan dan 15 gram jahe yang sudah diiris-iris direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan 10-12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, Pengobatan dapat dilanjutkan kembali.
Demikian beberapa khasiat daun tumbuhan Kaki Kuda untuk kesehatan. 

0 Response to "Tanaman Obat Tumbuh Subur di Trawas , sudah sadarkah kamu ? "

Posting Komentar