Inilah Legenda Dusun Bantal Kecamatan Trawas



Dusun Bantal Kecamatan Trawas Adalah Dusun yang berada di ujung utara kecamatan Trawas yang sekarang lebih terkenal dengan wisata duriannya Fresh Green, Jika Kalian ingin tahu tentang asal usul Kenapa Dusun ini di namakan Bantal , Inilah legenda Terlahirnya dusun Bantal :

Kala itu sekitar abad ke 16 (Pasca kejatuhan kerajaan Mojopahit), kesultanan Mataran mengirimkan beberapa punggawa yang bertugas untuk mengejar sisa-sisa pasukan Majapahit tak terkecuali sampai di wilayah Trawas yang konon sebagai tempat tinggal kaum Brahmana.

Dalam perjalanan para punggawa Mataram tersebut hanya dibekali dengan sekantung karak. Sudah jaman jika orang dahulu itu punya kemampuan sakti mandraguna, salah satunya adalah Mbah Gundo Wijoyo. Salah satu punggawa Mataram ini memiliki kesaktian yang konon ditakuti oleh makhluk sebangsa jin, setan, hantu termasuk banaspati (kemamang).

Suatu ketika Mbah Gundo Wijoyo ini menemukan sumber air yang asri dan sejuk, mungkin karena kelelahan beliau tertidur dengan bantal sekantung karak itu di dekat sumber air yang kemudian diberi nama sumber Tinep singkatan dari Ati Menep (menenangkan hati dari segala Angkara murka), orang bantal juga banyak menyebut sumber air itu dengan nama sumber jodoh, bukan hanya jodoh pasangan hidup saja, jodoh apapun dagang, jabatan dan boleh juga nih yang banyak hutang.
Ini hanya kepercayaan masyarakat setempat.

Peristiwa tidurnya Mbah Gundo Wijoyo yang “bedah kerawang” (istilah lain dari babat alas) yang menggunakan bantalan sekantung karak ini kemudian menjadi nama dusun Bantal.

Punden Mbah Gundo Wijoyo ini di rawat dengan baik terlihat bersih dan nyaman terdapat pendopo yang setiap tahunnya digunakan untuk ruwah desa ini, lokasinya juga tidak jauh dari pemukiman warga, hampir sering setiap hari-hari tertentu punden ini dikunjungi dari berbagai kalangan.

Jangan kaget masih ada kesan angker dan sangar bila berada di punden ini namun lama-kelamaan akan menemukan ketenangan dan ketentraman. Apalagi persisi disebelah punden terdapat sumber jodoh yang berasal dari 7 titik mata air yang debitnya sangat besar ini. Orang jawa bilang ini adalah sumber Pitu yang bermakna pitulungan.

Potensi Dusun Bantal sebagai daerah destinasi wisata sudah tidak diragukan lagi. Siapa yang tidak kenal dengan durian bantal yang punel dan maknyus, tidak salah bila bantal disebut sebgaai kampong durian.

Termasuk obyek wisata Fresh Green dan Duyung Trawas Hill (DTH) bagian dari wilayah dusun bantal ini setiap weekend aja kunjungannya bisa mencapai 7000 sampai 10,000 wisatawan. Masing-masing obyek memiliki konsep wisata yang khas dan unik.

Yang terbaru sedang dibangun kawasan sawah lumping yang juga masuk wilayah Bantal, yang menggabungkan 9 obyek wisata di satu tempat; diantaranya yang menarik kolam renang alam, flying fox terpanjang dan wisata petik buah. Mohon do’a restunya aja ya. Semoga akhir tahun ini bisa di buka untuk umum.

1 Response to "Inilah Legenda Dusun Bantal Kecamatan Trawas"

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 20 November 2019 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus